Gresik – Menggali nilai-nilai kearifan lokal, merupakan upaya strategis dalam membangun karakter bangsa di era global. Semua yang berkecimpung di dunia pendidikan, tak boleh terasing dari peran untuk terus nguri-uri dan menancapkan kearifan lokal pada pondasi terbawah nan kokoh pada diri setiap siswa.
Agus Setiawan S.Pd, M.Pd, Kepala SMAN 1 Kedamean Gresik mengatakan, sejatinya kearifan lokal itu bersumber pada nilai-nilai agung yang terkandung dalam Pancasila.
“Memunculkan kembali berbagai permainan tradisional di tengah kepungan gadget yang seakan menguasai relung hidup siswa, itu sangat penting. Hal ini dapat dimaknai sebagai salah satu upaya pembentukan dan penguatan profil pelajar Pancasila yang gaungnya menggema seiring dikobarkannya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),” ujar Agus, yang mantan seorang jurnalis ini.
Lanjut Agus, seperti halnya yang terperaga dalam pembelajaran di SMAN 1 Kedamean, Gresik. Dalam pembelajaran Sosiologi, misalnya, guru melaksanakan pembelajaran di luar ruang.
“Guru memberi kebebasan pada siswa, secara berkelompok mempraktikkan permainan tradisional setempat, seperti: cublak-cublak suwung, congklak, engkle, slebur, dakonan, gobaksodor, bentengan. Permainan tersebut mungkin sudah terlupakan atau bahkan tak pernah menyentuh kehidupan masa kecil siswa,” sambungnya.
Alhasil, cercah bahagia terpancar dari teriakan, tawa yang terbungkus di antara keseriusan untuk dapat memenangi permainan gobaksodor dan bentengan yang dimainkan berkelompok, mengandalkan fisik dan jitunya taktik.
“Kebersamaan adalah modal dasar untuk memenaginya. Hal ini didapati siswa setelah mereka merasakan langsung kemudian mempresentasikan apa makna dan hikmah dari permainan tradisional yang telah mereka peragakan,” bebernya.
Untuk itu, masih kata Agus, siswa yang telah memeragakan permainan cublakcublak suwung dapat menggali sendiri berbagai kearifan lokal.
Seperti dikatakan Galuh Pramita, siswa kelas X.1, yang telah memraktekkan permainan tradisional tersebut.
“Dalam permainan ini diperlukan kejujuran, bisa menahan emosi, mengedepankan toleransi dan mengutamakan sportifitas. Permainan tradisional, sebagai kearifan lokal memiliki kekuatan dahsyat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” papar Galuh meyakinkan. (*/BOY)