BADUNG, Memoindonesia.co.id – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan berbagi pengetahuan mengenai tugas serta fungsi kanimsus, Kantor Imigrasi Semarang mengadakan kegiatan studi tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Rabu dan Kamis, 4-5 Desember 2024.
Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari pelaksanaan pelayanan di sektor pelayanan orang dan barang yang dikelola oleh Kantor Imigrasi Ngurah Rai. Hari pertama, rombongan Imigrasi Semarang melakukan kunjungan untuk meninjau pelaksanaan pelayanan di Benoa Square.
Di sana, mereka mengamati proses pelayanan imigrasi bagi wisatawan dan masyarakat yang sedang mengurus dokumen perjalanan atau keperluan imigrasi lainnya.
Selain itu, mereka juga berdiskusi mengenai berbagai inovasi yang telah diterapkan oleh Kantor Imigrasi Ngurah Rai dalam memberikan pelayanan yang lebih efisien dan ramah kepada pengunjung.
Hari kedua, kegiatan studi tiru dilanjutkan dengan mengunjungi Imigrasi Ngurah Rai yang saat ini tengah direnovasi. Di sana, para peserta studi tiru diberikan penjelasan mengenai perbaikan fasilitas dan upaya peningkatan pelayanan di lingkungan kantor.
Meskipun sedang dalam tahap renovasi, Kantor Imigrasi Ngurah Rai tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Guntur Sahat Hamonangan menyampaikan, kegiatan studi tiru ini sangat bermanfaat untuk menggali berbagai informasi terkait pengelolaan pelayanan imigrasi di daerah yang memiliki volume kunjungan internasional yang sangat tinggi.
“Kami berharap, setelah kembali ke Semarang, kami dapat mengimplementasikan beberapa pembelajaran yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas pelayanan di kantor kami,” sambung Guntur.
Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerjasama antar kantor imigrasi serta memberikan dampak positif dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan imigrasi di Indonesia. HUM/CAK