BUNAKEN – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pemohon jasa keimigrasian khusus orang asing, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado kembali melaksanakan layanan PANIKI JO.
Pelayanan ini adalah pelayanan yang diberikan kepada Warga Negara Asing yang berdomisili atau berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado.
Cukup dengan permintaan/permohonan tertulis dari Orang Asing atau Penjamin tanpa, pelayanan ini tanpa dikenakan biaya sepeser pun.
Pelayanan PANIKI JO ini meliputi kegiatan pengambilan data biometrik orang asing di tempat pemohon dan pengantaran dokumen keimigrasian ketempat pemohon yang telah selesai.
Malcolmy Thursby (75) pemohon perpanjangan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) berkebangsaan Inggris mengapresiasi pelayanan dari Kantor Imigrasi Manado ini.
“Saya mengapresiasi petugas yang sudah datang dari jauh untuk saya. Pelayanannya profesional, mulus dan tanpa hambatan. Luar biasa” ungkap Thursby usai pengambilan data biometrik.
Kepala Kantor Imigrasi Manado Made Nur Hepi Juniartha melalui Kepala Sub Seksi Izin Tinggal Keimigrasian, Anka Juan Marcio menjelaskan, bahwa PANIKI JO akan sangat membantu pemohon yang akan mengajukan permohonan izin tinggal tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, termasuk untuk WNA lanjut usia.
“Apabila ada Orang Asing maupun penjamin membutuhkan pelayanan ini, dapat langsung menghubungi Kantor Imigrasi Manado melalui nomor 081143260101. Kami siap melayani” tutup Anka.
Sementara itu, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Tikkim) Kantor Imigrasi Manado Angga Mahardhika berharap masyarakat atau para penjamin memanfaatkan layanan ini.
“Sayang kalau ini tidak dimanfaatkan. Karena pelayanan ini sangat memberikan kemudahan terutama orang asing lanjut usia,” beber mantan Kasi Dokumen Perjalanan pada Kanim Kelas I Khusus TPI Surabaya ini.
Masih kata Angga, Imigrasi Manado tak akan henti-henti untuk memberikan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat. Bagi warga yang ingin update berbagai inovasi, bisa melihat langsung media sosial sebagai sarana informasi.
“Yang pasti, kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat Manado. Sekali lagi, sayang kalau PANIKI JO tidak dimanfaatkan dengan baik,” pungkas Angga. (hum/cak)