JAKARTA, Memoindonesia.co.id – Insiden kedua kalinya dalam beberapa hari, pesawat Saudia Airlines rute Jeddah-Surabaya terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Kualanamu setelah menerima ancaman bom.
Meskipun ancaman tersebut telah dipastikan tidak terbukti alias hoaks, metode penyampaian teror kali ini cukup berbeda dan memunculkan dugaan baru mengenai asal-usulnya.
Pesan Ancaman Misterius dari Oman dan Dugaan Asal India
Kapolda Sumatra Utara, Irjenpol Whisnu Hermawan Februanto, menjelaskan bahwa pilot pesawat dengan kode penerbangan SVA5688 menerima pesan ancaman bom dari keamanan Bandara Oman pada Sabtu, 21 Juni 2025, pukul 06.45 WIB.
Setelah kapten pesawat melakukan verifikasi dengan perusahaannya, pendaratan darurat sesuai prosedur pun dilakukan.
“Pembicaraan kami tadi dengan kapten kalau beliau mendapat informasi (ancaman bom) dari ATC di Oman, dan dari Oman dia cek ke perusahaannya dan ternyata harus mendarat sesuai prosedur penerbangan,” ungkap Whisnu.
Menariknya, Whisnu menduga bahwa ancaman ini berasal dari India, sama seperti ancaman bom sebelumnya yang menimpa maskapai Saudi di Bandara Kualanamu pada Selasa, 17 Juni 2025.
“Kemungkinan sama (ancamannya), karena informasinya dari wilayah India. Kita dalami,” ujarnya.
Ia menambahkan bahwa teror pertama datang melalui email, sedangkan yang kedua ini melalui komunikasi suara.
“Ini dari speech, kami dalami. Dari Polda Metro dan Bareskrim, ini butuh koordinasi antarnegara,” tegas Whisnu, menyoroti kompleksitas penyelidikan lintas batas ini.
Modus Baru: ‘Direct Speech’ Mirip VPN
Dugaan metode baru dalam penyampaian ancaman ini dikuatkan oleh Kepala Kantor Otoritas Penerbangan Wilayah II Medan, Asri Santosa. Ia menyebut bahwa ancaman bom tersebut didapat dari semacam “direct speech” seperti VPN.
“(Ancaman) menggunakan namanya semacam direct speech, kayak VPN. Jadi itu memang percakapan ground to ground, point to point. Ini gak ada nomornya, hanya negaranya saja (yang tertera),” ungkap Asri.
Komunikasi suara ini dilaporkan masuk ke Kuala Lumpur, sebelum kemudian maskapai Saudi SV5688 mengontak Menara Kontrol Kualanamu untuk melakukan pendaratan darurat.
Modus “direct speech” yang tidak terlacak identitas pengirimnya, namun hanya menunjukkan negaranya, menjadi tantangan baru bagi pihak berwenang dalam mengusut tuntas teror serupa di masa mendatang. HUM/GIT