MemoIndonesia.co.id
  • Beranda
  • Nasional
  • Pemerintahan
  • Politik
  • Hukum
  • Ekbis
  • Pendidikan
  • Seni Budaya
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Indeks
MemoIndonesia.co.id
  • Beranda
  • Nasional
  • Pemerintahan
  • Politik
  • Ekbis
  • Hukum
  • Gaya Hidup
  • Foto
  • Indeks
Search
  • Kategori Berita
    • Nasional
    • Pemerintahan
    • Politik
    • Hukum
    • Peristiwa
    • Pendidikan
    • Ekbis
    • Seni Budaya
    • Olahraga
    • Religi
    • Gaya Hidup
    • Hiburan
  • Link Terkait
    • Redaksi
    • Tentang Kami
    • Kontak
    • Disclaimer
    • Privacy Policy
    • Pedoman Media Siber
Have an existing account? Sign In
Follow US
Copyright 2023 - MemoIndonesia.co.id

Cahya Surya Bot: Komitmen Peningkatan Layanan di Kantor Pertanahan Surabaya II

Publisher: Admin 18 September 2023 4 Min Read
Share
Suasana pelayanan di Kantor Pertanahan Surabaya II di Jalan Krembangan Barat 57, Surabaya.
Suasana pelayanan di Kantor Pertanahan Surabaya II di Jalan Krembangan Barat 57, Surabaya.
Ad imageAd image

SURABAYA, Memoindonesia.co.id – Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, yang beralamat di Jalan Krembangan Barat 57, Surabaya, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan.

Salah satu langkah signifikan adalah memangkas proses birokrasi, sehingga memungkinkan masyarakat hanya perlu tiga kunjungan tatap muka.

Inovasi terbaru, Cahya Surya Bot, memungkinkan masyarakat untuk memantau status berkas mereka melalui pesan WhatsApp di nomor 081-29207-9393. Layanan WhatsApp ini bertujuan untuk melakukan verifikasi berkas permohonan pembuatan sertifikat.

“Melalui platform WhatsApp yang telah kami program khusus, warga Surabaya yang berurusan dengan Kantor Pertanahan Kota Surabaya II akan mendapatkan bantuan khusus terkait layanan,” ujar Kepala Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, Stanley, pada Senin, 18 September 2023.

Stanley menjelaskan bahwa Cahya Surya Bot menyediakan menu utama yang mencakup jenis permohonan, persyaratan, dan biaya terkait permohonan.

Baca Juga:  Jalin Sinergitas dengan Perumnas, Kantah Gresik Siap Optimalkan Layanan Elektronik

Pemohon juga dapat memeriksa status permohonan yang telah diajukan, menemukan alamat kantor, serta peta lokasi Kantor Pertanahan Kota Surabaya II.

Informasi ini diharapkan dapat membantu menentukan kelurahan dan kecamatan mana yang termasuk dalam administrasi kantor pertanahan di wilayah Surabaya Utara.

“Cukup tiga kunjungan saja: datang ke kantor, serahkan perlengkapan, dan bayar SPS (surat perintah setor). Ini untuk meminimalkan agar pemohon tidak bolak-balik ke kantor pertanahan. Selain menghemat waktu, juga biaya,” ujar Kakantah Stanley.

Kakantah Stanley juga berharap masyarakat memanfaatkan layanan WhatsApp untuk memastikan verifikasi berkas berjalan lancar sebelum SPS diterbitkan. Ia mencontohkan, ada beberapa kendala sebelumnya, di mana SPS sudah terbayar namun masih ada berkas yang kurang.

“Maka dengan WhatsApp ini, kami dapat berkomunikasi dengan pemohon untuk kelengkapan berkas sebelum SPS terbayar. Jangan sampai SPS terbayar, namun verifikasi belum terpenuhi. Hal ini dapat mengecewakan masyarakat. Oleh karena itu, kami memastikan verifikasi terlebih dahulu sebelum SPS diterbitkan,” tambahnya.

Baca Juga:  BPN Jatim Wujudkan Realisasi Sertifikasi Aset BMD di Tahun 2023, Ini Bukti Pencapaiannya

Menyoal lama waktu penerbitan SPS, Stanley menegaskan bahwa hal ini bergantung pada proses verifikasi melalui nomor WhatsApp Cahya Surya Bot yang sudah diujicobakan.

“Kami menggunakan WhatsApp agar lebih familiar. Contohnya, pedagang sayur di pasar sudah menggunakannya. Dengan WhatsApp, masyarakat pasti lebih terhubung. Cukup dengan HP android, semuanya dapat dilakukan. Ini berbeda dengan email,” ujar mantan Kabid Bidang Hubungan Hukum Pertanahan (BHP) pada Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur.

Stanley menjelaskan bahwa dengan layanan WhatsApp ini, proses verifikasi berkas lengkap dapat berjalan lancar tanpa pemohon harus bolak-balik ke kantor.

“Ini juga merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat. Sambil melengkapi berkas melalui permintaan di WhatsApp Cahya Surya Bot, ini adalah bagian dari verifikasi kami. Setelah verifikasi ini selesai, tinggal bawa berkas dan bayar, sambil menunggu proses selanjutnya,” sambung Stanley.

Baca Juga:  Batik Sekar Pace Bhumi Diluncurkan untuk Jajaran Kementerian ATR/BPN, Menteri AHY: Dedikasi untuk Hari Batik Nasional

Saat ini masih dalam tahap uji coba sebelum diluncurkan secara resmi. Stanley berharap ada masukan dan kritikan dari masyarakat terkait inovasi Cahya Surya Bot.

“Ini barang baru, pasti akan ada kekurangan di sana-sini. Oleh karena itu, kami membutuhkan masukan dari masyarakat. Yang pasti, kami memiliki komitmen untuk terus memperbaiki pelayanan di Kantor Pertanahan Surabaya II. Kami ingin memastikan tidak ada lagi pelayanan yang memberatkan masyarakat,” pungkas Stanley. (cak/bad)

TAGGED: Badan Pertanahan Nasional, Cahya Surya Bot, Kakantah Stanley, Kantah Surabaya II, Kementerian ATR/BPN, Krembangan Barat 57 Surabaya, Mafia Tanah, Menteri ATR BPN Hadi Tjahjanto, Pertanahan, Sertifikat Tanah
Share this Article
Facebook Twitter Pinterest Whatsapp Whatsapp Print
What do you think?
Love0
Sad0
Happy0
Sleepy0
Angry0
Wink0
Leave a comment

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ad imageAd image

BERITA TERKINI

BNN dan Interpol Tangkap Buronan Sabu Rp 5 Triliun Dewi Astutik di Kamboja
2 Desember 2025
Waka Komisi IV DPR Usulkan Panja Penyelamatan Hutan Imbas Bencana di Sumatera
2 Desember 2025
Eks Raja OTT KPK Harun Al Rasyid Resmi Dilantik sebagai Dirjen di Kementerian Haji dan Umrah
2 Desember 2025
Pemerintah Pusat Usut Asal Gelondongan Kayu Pascabanjir Sumatera
2 Desember 2025
Korban Meninggal Bencana Sumatera Mencapai 604 Orang, BNPB Rilis Data Terbaru
2 Desember 2025
Ad imageAd image

NASIONAL

BNN dan Interpol Tangkap Buronan Sabu Rp 5 Triliun Dewi Astutik di Kamboja
2 Desember 2025
Waka Komisi IV DPR Usulkan Panja Penyelamatan Hutan Imbas Bencana di Sumatera
2 Desember 2025
Eks Raja OTT KPK Harun Al Rasyid Resmi Dilantik sebagai Dirjen di Kementerian Haji dan Umrah
2 Desember 2025
Pemerintah Pusat Usut Asal Gelondongan Kayu Pascabanjir Sumatera
2 Desember 2025

TERPOPULER

Warga Banda Aceh dan Aceh Besar Hadapi Listrik Padam hingga Antrean BBM akibat Banjir dan Longsor
1 Desember 2025
Korban Meninggal Bencana Sumatera Mencapai 604 Orang, BNPB Rilis Data Terbaru
2 Desember 2025
Netizen Kangen Sosok Sutopo, Doni Monardo, dan Yurianto di Tengah Bencana Banjir Sumatra
2 Desember 2025
BNN dan Interpol Tangkap Buronan Sabu Rp 5 Triliun Dewi Astutik di Kamboja
2 Desember 2025

Baca Berita Lainnya:

Hukum

BNN dan Interpol Tangkap Buronan Sabu Rp 5 Triliun Dewi Astutik di Kamboja

Nasional

Waka Komisi IV DPR Usulkan Panja Penyelamatan Hutan Imbas Bencana di Sumatera

Nasional

Eks Raja OTT KPK Harun Al Rasyid Resmi Dilantik sebagai Dirjen di Kementerian Haji dan Umrah

Peristiwa

Pemerintah Pusat Usut Asal Gelondongan Kayu Pascabanjir Sumatera

MemoIndonesia.co.id

Memo Indonesia adalah media online yang menyajikan beragam informasi dari seluruh sudut nusantara.

Quick Links
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Pedoman Media Siber
  • Pedoman Pemberitaan Ramah Anak
About US
  • Kontak
  • Tentang Kami
  • Karir
  • Redaksi

Copyright 2023 – MemoIndonesia.co.id

Welcome Back!

Sign in to your account

Lost your password?