SEMARANG, Memoindonesia.co.id – Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Imigrasi Jawa Tengah, Ia Edy Ekoputranto, menegaskan bahwa pelayanan yang prima dan bebas dari maladministrasi menjadi prioritas utama untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah.
Pernyataan mantan Kepala Divisi Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham Lampung dan Riau ini disampaikan usai menggelar audiensi dengan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Kamis, 13 Februari 2025.
“Membangun kepercayaan masyarakat itu tujuan utama. Kami berharap jajaran Imigrasi betul-betul bisa melaksanakannya dengan baik. Layani masyarakat dengan sebaik mungkin. Tunjukkan kalau kita ini yang terbaik,” tandas mantan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya ini.
Dijelaskan Is Edy, kegiatan audiensi dengan Ombudsman RI Jateng ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dalam meningkatkan kualitas layanan publik, terutama terkait layanan prioritas dalam pengurusan paspor.
“Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai strategi untuk memastikan pelayanan yang lebih cepat, transparan, dan efisien bagi masyarakat,” sambung alumni PTK angkatan 23 ini.
Masih kata Kakanwil Is Edy, melalui audiensi ini, diharapkan sinergi antara Kantor Imigrasi Semarang dan Ombudsman RI dapat semakin kuat dalam menciptakan layanan publik yang berkualitas, transparan, dan akuntabel.
Atas apa yang sudah dilihat dan dijelaskan dengan berbagai testimoni dari pemohon layanan, Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah memberikan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Semarang.
Yakni atas pencapaiannya dalam menjaga standar pelayanan yang baik, yang terbukti dengan tidak adanya aduan yang diterima sepanjang tahun 2024.
“Hal ini menunjukkan komitmen Kantor Imigrasi Semarang dalam memberikan pelayanan berkualitas yang berorientasi pada kepuasan masyarakat. Selain itu, Ombudsman juga memberikan beberapa masukan untuk terus meningkatkan mutu layanan keimigrasian,” ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah.
Kantor Imigrasi Semarang berkomitmen untuk terus berinovasi dan melakukan perbaikan layanan guna memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi masyarakat dalam mengakses layanan keimigrasian.
“Motto kami, selalu terdepan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” pungkas Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Guntur Sahat Hamonangan. HUM/CAK