SURABAYA – Sebanyak 234 pemohon layanan Paspor Merdeka di tiga lokasi, yakni Kantor Utama Imigrasi Tanjung Perak di Jl Darmo Indah No 21 Tandes, Unit Layanan Paspor Lenmarc Mall, serta Unit Layanan Paspor Pasar Atum Mall, dengan masing-masing 78 pemohon, terlayani dengan baik.
“Pelayanan paspor cepat dan efisien ini, tidak hanya sekedar melayani masyarakat. Tetapi, sebagai wujud nyata dan penghargaan terhadap kemerdekaan serta kontribusi Kemenkumham dalam menjaga keadilan dan hak asasi manusia,” ujar Verico Sandi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Sabtu (5/8/2023).
Lanjut Verico, kegiatan istimewa yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-78 Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.
“Pelayanan Paspor Merdeka ini adalah program yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Imigrasi yang merupakan bagian dari upaya Imigrasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan meriah bagi masyarakat,” sambung alumni Akademi Imigrasi (AIM) angkatan ke-5 ini.
Lanjut Verico, pelaksanaan pelayanan ini juga dimeriahkan dengan kegiatan Pencatatan Rekor MURI dalam kategori pelayanan Paspor Merdeka. Rekor ini berhasil dicapai secara serentak dan terbanyak oleh Kantor Imigrasi se-Indonesia dalam satu hari yang dilakukan melalui platform zoom meeting.
“Selama pelaksanaan pelayanan, terlihat antusias masyarakat dan semangat kemerdekaan terasa kental. Selain proses pelayanan paspor yang efisien, para pemohon juga berkesempatan untuk mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh Kanim Perak. Ini semakin memeriahkan suasana dan memberikan kebahagiaan kepada para pemohon paspor yang hadir,” sambung Verico didampingi Kasi Lantaskim Denny Haryadi.
Pada saat pelaksanaan, tidak ada kendala yang signifikan yang terjadi selama kegiatan. Semua proses berjalan lancar berkat koordinasi yang baik antara pihak Kantor Imigrasi dan para pemohon paspor. Acara ini menjadi salah satu bentuk dedikasi Kantor Imigrasi Tanjung Perak dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan mengesankan kepada masyarakat.
“Saya berharap, semangat pelayanan yang baik dan semangat kemerdekaan akan terus dijaga dan ditingkatkan dalam semua aspek pelayanan publik,” beber mantan Kepala Tata Usaha Kanim Tanjung Perak ini.
Sementara itu, Khalid, salah satu pemohon paspor yang mengikuti kegiatan ini sangat berterimakasih karena sangat membantu dari segi efisiensi waktu.
“Saya sangat berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan Paspor Merdeka ini, kebetulan saya tidak ada waktu untuk mengurus paspor di hari kerja. Alhamdulillah, kok pas liat info di instagram ada layanan ini, seru juga ada bagi-bagi doorprize nya. Terima kasih Kantor Imigrasi Tanjung Perak,” ucap Khalid. (hum/cak)