LAMONGAN, Slentingan.com – Pelayanan pembuatan paspor kolektif bagi jemaah calon haji (JCH) digelar Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak. Selama tiga hari, Senin (13/3) hingga Rabu (15/3/2023), petugas melakukan perekaman eazy passport di Aula Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan.
“Calon jemaah haji di wilayah Kabupaten terlihat antusias menyambut layanan paspor ini. Ada 600 orang yang terdaftar dan akan kami layani,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak Verico Sandi disela peninjauan pembuatan paspor, Senin (13/3).
Verico menjelaskan, eazy passport adalah pelayanan paspor kolektif yang merupakan program dari Direktorat Jenderal Imigrasi. Kali ini imigrasi bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan untuk pertama kali di tahun 2023.
Kegiatan ini lanjut Verico, dalam rangka membantu para calon jemaah haji dengan Jemput bola, sehingga para CJH tidak perlu datang jauh – jauh ke Kantor Imigrasi Perak yang berada di Surabaya.
“Program eazy passport ini memberikan kemudahan bagi jemaah haji tanpa harus datang ke kantor imigrasi. Pemohon tidak perlu datang ke kantor, cukup kami saja yang datang ke lokasi,” ujar mantan Kabid TPI pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta ini.
Masih kata Verico, pembuatan paspor ini ditargetkan selesai selama 3 hari. Hari pertama yakni melayani 200 orang dan dilanjutkan pada dua hari berikutnya.
“Efek positif dari hal ini adalah proses pemeriksaan dokumen permohonan paspor bagi calon jamaah haji bisa lebih cepat,” tuturnya.
Verico mengungkapkan antusiasme calon jamaah haji terhadap layanan eazy passport ini sangat tinggi. Mengingat situasi saat ini sudah mulai normal, sehingga pemberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia sudah kembali normal.
Sebelumnya, Kantor Imigrasi Perak telah melayani jemaah calon haji Kabupaten Gresik sebanyak 871 orang yang dilaksanakan sejak tanggal 7 – 10 Maret 2023 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik di Jl Jaksa Agung Suprapto No.39, Sumursango, Bedilan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
“Antusiasme masyarakat dalam pembuatan paspor akhir-akhir ini kami coba akomodasi dengan baik. Semoga dapat menjadi langkah efektif dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” tutup Verico. (CAK/NIK)