GRESIK, Memoindonesia.co.id – Libur Idul Fitri 1446 H tidak menghalangi pegawai Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Gresik untuk tetap melayani masyarakat. Meskipun masa libur, mereka tetap menunjukkan komitmen tinggi dalam memberikan layanan pertanahan yang optimal.
Pada hari terakhir libur Lebaran, Senin, 7 Maret 2025, staf dan jajaran Kantah Gresik memperlihatkan dedikasi mereka dengan memberikan pelayanan tanpa batas melalui program Layanan Pertanahan Terbatas, masyarakat Gresik memanfaatkan layanan tersebut dengan baik.
“Alhamdulillah, selama libur Lebaran kemarin, masyarakat Gresik sangat antusias memanfaatkan layanan pertanahan yang kami selenggarakan,” ujar Kamarrudin, Kepala Kantor Pertanahan Gresik.
Kamaruddin menjelaskan, bahwa layanan ini merupakan bentuk nyata kehadiran negara dalam memberikan kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat, tanpa terhalang hari libur.
Layanan yang dibuka selama libur lebaran ini bersifat terbatas dan bersifat prioritas, terutama untuk warga yang mudik ke Gresik. Jenis layanan yang diberikan meliputi pengambilan produk sertifikat, pendaftaran tanah, hingga peningkatan hak.
“Kami ingin memastikan bahwa pelayanan pertanahan tetap berjalan dengan baik meskipun dalam masa libur nasional. Masyarakat tetap harus mendapatkan kemudahan dalam mengurus keperluan pertanahannya,” sambungnya.
Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan resmi ke Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik pada Jumat, 4 April 2025, untuk memantau langsung pelaksanaan Layanan Pertanahan Terbatas selama periode libur.
Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan layanan yang cepat dan optimal, khususnya pada masa-masa penting seperti Hari Raya Idul Fitri.
Kakanwil BPN Jatim menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan, serta memastikan bahwa setiap layanan yang diberikan dapat memenuhi harapan masyarakat.
Kunjungan ini juga memberikan kesempatan untuk mendengar langsung masukan dan saran dari masyarakat serta pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik.
Dalam sambutannya, Kakanwil BPN Jatim menyatakan, “Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, dan kunjungan ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan pelayanan yang kami berikan sesuai dengan harapan,” ujar Asep beberapa waktu lalu.
Kunjungan tersebut diharapkan dapat menjadi langkah positif untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Kementerian ATR/BPN, serta mendorong Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik untuk terus meningkatkan kinerja dalam memberikan layanan yang efisien dan efektif. HUM/CAK